Sambal Tuk-Tuk Khas Mandailing

Sambal, apa yang ada dipikiran kita jika teringat akan kata sambal ? yang kita ingat pastinya makan, pedas, keringatan, manis diawal pedas diujung, rumah makan padang (karena makanannya terkenal pedas), dan lain-lain.
Bicara sambal, tidak akan lengkap rasanya jikalau makan tanpa sambal, sampe-sampe presiden kita yang ke-enam, yaitu bapak Susilo Bambang Yudhoyono terkadang harus bawa sambal sendiri ke luar negeri. Karena apa kata beliau, “Makan tanpa sambal, Bagai malam tak berbintang”.
sumber gambar : sucimadina
Sambal seolah menjadi pelengkap yang nggak bisa dipisahkan untuk masyarakat Indonesia. Bukan cuma rasanya yang pedas saja, namun ada beberapa manfaat sambal dan sensasi tersendiri kalau kamu makan sambil ditemani sambal. Nah, ternyata di Indonesia ini banyak banget jenis sambal dan resep aneka sambal dari berbagai daerah yang saya bahas disini bukan sambal yang sudah terkenal seperti sambal lado hijau dari padang, sambal dabu-dabu dari manado, sambal matah dari bali, dan lain-lain. Yang saya bahas disini sambal asli dari kampong saya, yaitu Mandiling Natal, nama sambalnya “ SAMBAL TUK-TUK”.


Sambal tuk-tuk merupkan sambal cirikhas orang Mandailing, sambal tuk-tuk berarti sambal yang di tuk-tuk (di ulek). Sambal tuk-tuk rasanya sangat “Manta”, dijamin pedas sebanding dengan sambal dipadang, mungkin bisa jadi lebih pedas dibanding sambal di padang. Karena ada bebrapa desa di mandailing natal, cabenya itu terkenal sangat pedas, example: cabe dari daerah desa Sibanggor, Tanotiris, dan juga Lumban Dolok. Cabe dari desa ini terkenal extra pedas, dijamin maknyos deh klo makan ditemani sambal yang cabenya berasal dari desa ini. Apalagi di tambah dengan Gule Bulung Gadung (Daun Ubi Tumbuk), Bolgang (Sayuran yang direbus),maupun ikan atau ayam panggang, dan Aso-aso nadi tutung (Ikan Asin bakar).
Nah, bagi yang ingin mencoba sensasi Sambal tuk-tuk ini, bisa dicoba dirumah masing-masing, berikut bahan dan cara pembuatan sambal tuk-tuk :
Bahan Bahan:
-          Ikan Asin (Teri,Balanak,aso-aso)
-          Cabe Merah atau cabe Rawit
-          Tomat,
-          Bawang merah
-          Garam
-          Jeruk Nipis

Cara Pembuatannya
-        Ikan Asin di bakar sampai keluar aromanya
-        Ikan yang di bakar di cuci sampai bersih
-        Tuangkan cabe kedlam ulekan
-        Tuangkan tomat, bawang merah, dan garam kedalam ulekan
-        Tumbuk cabe dan garam ulak sampai halus
-        Setelah cabenya dirasa halus, tuangkan Ikan asin kedalam ulekan
-        Kemudian tumbuk lagi ikan asin, cabe tomat, bawang merah dan garam.
-        Peras jeruk Nipis dan aduk sampai rata jadilah sambaal Tuk-tuk. (Sambal ini dikatakan sambal tuk-tuk karena pembuatannya di tumbuk (di tuk-tuk) ).
-        Kemudian hidangkan diatas piring. Selamat menikmati
Share:

No comments:

Post a Comment

Recent Posts

Sponsorship