Mobil Listrik Buatan Mahasiswa UNP

Mobil listrik merupakan teknologi yang sangat digandrungi oleh para enginer otomotif saat ini. Walaupun harga minyak dunia sudah mulai menurun, akan tetapi para Enginer didunia otomotif masih saja terus mengembangkan mobil listrik.Mobil listrik adalah yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya. Mobil listrik sangat populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, tapi kemudian popularitasnya meredup karena teknologi mesin pembakaran dalam yang semakin maju dan harga kendaraan berbahan bakar bensin yang semakin murah. Krisis energi pada tahun 1970-an dan 1980-an pernah membangkitkan sedikit minat pada mobil-mobil listrik, tapi baru pada tahun 2000-an lah para produsen kendaraan baru menaruh perhatian yang serius pada kendaraan listrik listrik. Hal ini disebabkan karena harga minyak yang melambung tinggi pada tahun 2000-an serta banyak masyarakat dunia yang sudah sadar akan buruknya dampak emisi gas rumah kaca (wikipedia).
Mobil listrik di indonesia sendiri perkembangannya sanga pesat, bahkan di tahun 2015 kemarin sudah mobil listrik "selo" hampir di produksi secara massal, akan tetapi akibat rumitnya urusan di pemerintah,mobil listrik sello tidak jadi di produksi dan langsung dipinang oleh negara tetangga, yaitu Malaysia.
Di kalangan perguruan tinggi, perlombaan mobil listrik sudah rutin dilaksanakan, perlombaan yang bertajuk Kontes Mobil Listrik Indonesia ini merupakan ajang bagi para enginer mobil listrik untuk berkumpul, bertanding serta berbagi untuk mengembangkan mobil listrik di indonesia serta team terbaik akan turut andil dalam kontes skala Internasional dengan untuk membanggakan bumi pertiwi indonesia. 
Kontes KMLI  diikuti oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia. walaupun kampus saya belum pernah ikut dalam kontes ini, tapi di tahun 2016 ini saya berbangga hati, karena bulan ini, Jurusan Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang baru saja merelease mobil listrik buatannya. walaupun belum direlease secara resmi, mudah-mudahan mobil listrik buatan  Mahasiswa UNP ini bisa bermanfaat serta bisa mengikuti kontes mobil listrik indonesia di tahun ini, 
Berikut spesifikasi mobil listrik buatan mahasiswa UNP (diambil dari akun FB resmi Pak Waskito):
Mobil Listrik karya mhs Jur Teknik Mesin FT UNP.
Spec:
Baterey VRLA 48 volt, 20 Amp. Rechargeble
Hasil uji coba:
Max. Velocity 45 km/hr
Jarak tempuh 40 km setiap pengecasan.
Lama pengecasan 3 jam.
Reverse transmition.
Radius belokan 15 derjat.
Beban maksimum 90 kg.

Sumber : Akun FB resmi Pak Waskito Tumarun (Dosen Fakultas Teknik UNP)

Share:

4 comments:

  1. Ini punya kawan wak mah Miji.. Piaman Punyo... :D

    ReplyDelete
  2. Cubo dirilis juo sia sajo mahasiswanyo yang talibat tu bro, pengalaman wak membawa siswa/mahasiswa mengikuti lomba, akan sangat termotivasi bilo mereka kito support dengan baik, baik oleh pembimbingnyo maupun petinggi terkait ... lanjutkan !

    ReplyDelete

Recent Posts

Sponsorship